Search

Bangun Kebun Hidroponik di Rusun, Bank DKI Berharap Penghuni Jadi Pengusaha Sayur - Merah Putih

MerahPutih.com - Bank DKI meluncurkan program kebun hidroponik di Rusun KS Tubun dan Jatirawasari, Jakarta. Langkah ini digalakan untuk meningkatkan pemberdayaan warga Jakarta.

Program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Corporate Social Responsibility (CSR) Bank DKI bagi peningkatan kesejahteraan warga Ibu Kota dan lingkungan hidup.

Baca Juga

Bank DKI Berikan Akses Perbankan ke Mitra Kerja Pembangunan Jaya Ancol

Direktur Utama PT Bank DKI, Zainuddin Mappa mengatakan kebon hidroponik yang didirikan di rusun diharapkan bisa menjadi kebon hidroponik percontohan. Sehingga dapat menjadi stimulus penghuni rusun untuk menjadi pengusaha tanaman sayuran hidroponik.

Dirut Bank DKI, Zainuddin Mappa bersama Walikota Jakarta Barat, Rustam Effendi meninjau pertanian hidroponik di Rusun KS Tubun. Foto: Ist
Dirut Bank DKI, Zainuddin Mappa bersama Walikota Jakarta Barat, Rustam Effendi meninjau pertanian hidroponik di Rusun KS Tubun.

Mappa menyampaikan, dengan semakin banyaknya kebun hidroponik di rusun-rusun Jakarta maka akan lahir pengusaha hidroponik. Bahkan bila kebun hidroponik mereka berkembang, tidak menutup kemungkinan, Bank DKI akan membantu permodalannya.

“Saya hitung-hitung dengan skala satu keluarga, bisa kita berikan permodalan. Nanti mereka tinggal bayar pengembalian pinjaman pokoknya dari hasil kebon yang mereka punya," ujar Mappa di lokasi, Rabu (16/10).

Baca Juga

Pemprov DKI dan Bank DKI Salurkan Kartu Pekerja, ini Manfaatnya

Tidak hanya itu, lanjut dia, dengan semakin membludaknya warga yang menjadi pengusaha tanaman hidroponik, maka kebutuhan sayur mayur di DKI bisa terpenuhi. Dampaknya, bisa terjadi pengendalian harga sayur mayur di Jakarta dengan pemanfaatan lahan kosong.

Selain memfasilitasi kebun hidroponik, Bank DKI juga melakukan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan program kebun hidroponik kepada peserta dilingkungan Rusunawa. Program CSR kebun hidroponik Bank DKI juga telah terlaksana di Rusunawa Jatinegara Kaum dan Jatirawasari.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi mendukung Bank DKI yang peduli terhadap pemberdayaan masyarakat melalui program CSR Kebon Hidroponik di Rusun.

"Saya berterima kasih dengan apa yang telah dilakukan Bank DKI. Bagi saya, apa yang dilakukan untuk kepentingan masyarakat, patut kita dukung. Apa yang dilakukan Bank DKI sangat bermanfaat bagi warga rusun," terang Rustam Effendi.

Baca Juga

Gandeng Bank DKI, Pemda Jakpus Minta PKL Sunda Kelapa tak Buat Kumuh

Untuk diketahui, di tahun 2017, Bank DKI telah memulai program Kebun Hidroponik di Rusunawa Jatinegara Kaum, dan sampai dengan saat ini telah panen sebanyak 15 kali.

Ke depannya Bank DKI berencana untuk membangun kebun hidroponik di 8 Rusunawa di Wilayah DKI Jakarta secara bertahap. (Asp)

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
October 16, 2019 at 08:00AM
https://ift.tt/2MNMaPx

Bangun Kebun Hidroponik di Rusun, Bank DKI Berharap Penghuni Jadi Pengusaha Sayur - Merah Putih
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bangun Kebun Hidroponik di Rusun, Bank DKI Berharap Penghuni Jadi Pengusaha Sayur - Merah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.