Search

3 Cara Membuat Anak Mau Konsumsi Sayur, Gampang Dipraktikkan | merdeka.com - merdeka.com

3 Cara Membuat Anak Mau Konsumsi Sayur, Gampang Dipraktikkan Ilustrasi Sayuran Dikukus. ©iStockphoto

Merdeka.com - Setiap orang tua pasti mengerti seperti apa sulitnya membuat anak mau mengonsumsi sayur. Rasanya yang tidak sesuai dengan ekspektasi mereka sering dijadikan alasan tidak mau makan sayur. Padahal anak membutuhkan nutrisi dari sayur-sayuran.


Sayuran memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan sistem imunitas dan mencegah kanker. Tubuh butuh untuk memenuhi serat harian yang salah satunya bisa didapat dari konsumsi sayur. Untuk itu meskipun sulit membujuk anak mau makan sayur, anda tetap harus berusaha melakukannya.


Mengonsumsi sayur adalah sesuatu yang perlu. Mengingat kandungan gizinya yang baik untuk pertumbuhan anak. Dalam sayuran terdapat vitamin, mineral, dan serat. Seperti yang sudah dikatakan, setiap orang memiliki kebutuhan serat harian yang harus dicukupi, tidak terkecuali untuk si kecil.

Jika Anda bingung bagaimana menyiasatinya, berikut beberapa cara membuat anak mau mengonsumsi sayur:

1 dari 4 halaman

Tunjukkan Sayur dan Manfaatnya ke Anak

Pricilla Johanna seorang dokter dari Go-Dok menyebutkan bahwa memperkenalkan anak dengan sayur adalah cara membuat anak mau makan sayur yang paling mudah. Untuk langkah pertama, perkenalkan anak dengan satu jenis sayuran. Hal ini lebih memudahkan anak untuk tertarik mencoba sesuatu.

www.fashion-beauty.inf


Anda bisa memberikan contoh makan sayur dan menyatakan bahwa rasanya enak. Dengan begitu, anak akan tertarik untuk mencobanya juga. Tujuan memperkenalkan anak dengan satu jenis terlebih dahulu adalah agar anak mengenal betul sayuran tersebut. Mulai dari bentuknya, warnanya, dan rasanya. Setelah itu perkenalkan dengan jenis sayuran yang lain.


Jangan sampai lupa untuk menjelaskan manfaat sayur yang ia makan. Ini akan membantu untuk membangun motivasi anak untuk terus mengonsumsi. Memperkenalkan anak dengan sayuran beserta manfaatnya akan membuat ia lebih familiar dengan jenis makanan sayur.


Saat anak benar-benar tidak mau makan sayur, bujuklah untuk setidaknya menggigit sayurnya sekali saja. Anda bisa memulainya dengan memberikan sayur yang memiliki rasa. Hal ini perlu karena saat anda memberi sayur dengan rasa yang hambar pada saat pertama kali mencoba, anak akan kapok. Alih-alih membuatnya mau makan sayur, Anda malah membuat anak anda jera makan sayur.

2 dari 4 halaman

Ajak Anak Memasak Bersama

Cara membuat anak doyan makan sayur selanjutnya setelah anda memperkenalkan sayuran beserta manfaatnya, ialah dengan mengajaknya memasak bersama. Anda bisa bertanya ingin dimasak seperti apa kepada anak. Hal ini bertujuan agar anda mengetahui betul seperti apa keinginannya. Sehingga sayur yang dimasak akan tetap ia makan.

Pixabay


Keunggulan lain dari melibatkan anak saat proses memasak adalah semakin tumbuhnya kedekatan antara anda dan anak. Anda dapat menyisipkan gurauan untuk membuat suasana memasak menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, anak dapat belajar memasak dan mengerti keadaan dapur lebih dini. Ini akan membangun kesadaran anak untuk terus berhati-hati saat berasa di dapur.

3 dari 4 halaman

Kreasikan atau Buat Permainan

Jika anak sudah mengenal bentuk dasar dari berbagai jenis sayuran. Anda bisa melakukan kreasi olahan yang bertujuan agar anak tidak bosan. Mengemasnya dalam bentuk permainan juga akan membuat suasana makan sayur menjadi lebih seru.


Anda bisa mengreasikan sayur menjadi berbagai macam olahan. Seperti misalnya, nugget, mie, jus ataupun smoothies, manisan, topping pizza, dan masih banyak yang lain. Anda tinggal memadu-padankan sayuran dengan resep yang anda masak.

herviewfromhome.com


Jika masakan kreasi anda sudah siap, anda bisa mengajak anak bermain. Misalnya dengan memberikan pertanyaan ke anak sayur apa yang ada di dalam masakan anda. Jika dirasa terlalu kentara untuk menebak sayuran di dalam masakan, Anda dapat memintanya untuk menebak terbuat dari apa masakan tersebut.

Dengan cara seperti itu anak tidak akan merasa bosan untuk mengonsumsi sayuran. Anda juga bisa menyiasati rasa hambar yang cenderung dimiliki sayuran dengan bumbu yang lain.

4 dari 4 halaman

Beri Pujian

Cara membuat anak doyan makan sayur selanjutnya adalah pujian. Saat anak berhasil menebak terbuat dari apa masakan anda, jangan lupa untuk memberi pujian pada anak. Terlebih jika ia sudah mau makan sayur. Bagi seorang anak, pujian adalah suatu bentuk penghargaan dari orang tua kepada dirinya. Seorang anak mampu mengaktualisasi dirinya lewat pujian dari orang lain.

Shutterstock/Patrick Foto

Kunci keberhasilan untuk membuat anak mau makan sayur adalah mencobanya secara berulang-ulang. Terkadang meskipun hari ini anak tidak mau makan sayur, belum tentu di hari lain ia juga tidak mau. Untuk mengetahuinya anda harus terus mencoba membujuknya makan sayur.


Kira-kira begitu cara membuat anak yang susah makan sayur jadi doyan. Meskipun terlihat penuh perjuangan, tapi hasilnya akan melegakan saat anak mau makan sayur. Anda perlu sabar dan melakukannya secara berulang-ulang.

Anda juga perlu melakukan eksplorasi agar makan sayur tidak hanya berbentuk paksaan. Namun juga keinginan sendiri dari sang anak karena mengenalnya. Sebuah usaha yang sungguh-sungguh tidak akan mengkhianati hasil. Selamat mencoba!

[vna]

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
February 16, 2020 at 03:00PM
https://ift.tt/2V1HjQR

3 Cara Membuat Anak Mau Konsumsi Sayur, Gampang Dipraktikkan | merdeka.com - merdeka.com
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Cara Membuat Anak Mau Konsumsi Sayur, Gampang Dipraktikkan | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.