Search

Heboh Corona, Impor Sayur dan Buah dari China Tetap Dibuka - Detikcom

Jakarta -

Hebohnya virus Corona membuat pemerintah Indonesia melakukan sejumlah pelarangan impor dari China, seperti melarang seluruh impor hewan hidup dari China. Lantas, bagaimana dengan sayuran dan buah-buahan?

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi mengatakan tidak akan mengeluarkan rekomendasi pelarangan impor dari China untuk sayur dan buah-buahan.

"(Kementan bakal mengeluarkan rekomendasi larangan impor buah-buahan dan sayuran dari China) enggaklah. Kan pak Menteri Perdagangan (Agus Suparmanto) sudah bilang bahwa itu nggak pengaruh. Kementan itu pasti berdasarkan Kemenkes, Kemendag, yang tahu kan dia," kata Agung di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/2/2020).

Agus menjelaskan, produk holtikultura tidak berpengaruh sebagai sumber penularan virus corona. Hanya saja, yang dikhawatirkan dari virus Corona yaitu akan mengurangi kebutuhan, lantaran produksi dari China terganggu.

"Selama ini nggak ada masalah. Yang dikhawatirkan kan begini, di sana lagi kena wabah ada nggak yang panen? Ada nggak produksinya? Nah itu yang dimasalahkan. Itu yang kemudian akan mengurangi jumlah yang kita butuhkan," tuturnya.

Berdasarkan catatan detikcom, buah-buahan seperti apel dan jeruk mandarin diimpor dari China. Menurut data BPS, angka impor apel di November 2019 mencapai US$ 56,16 juta. Angka itu naik 120,98% jika dibandingkan impor apel di Oktober US$ 25,41 juta.

Untuk produk jeruk mandarin impor di November mencapai US$ 12,8 juta. Angka itu naik 190% jika dibandingkan posisi Oktober 2019 sebesar US$ 4,4 juta.

Simak Video "Usai Dinyatakan Negatif, Suspect Corona di Cibubur Dipulangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
February 09, 2020 at 01:30PM
https://ift.tt/2vVd3fI

Heboh Corona, Impor Sayur dan Buah dari China Tetap Dibuka - Detikcom
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Heboh Corona, Impor Sayur dan Buah dari China Tetap Dibuka - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.