Search

Ingin Sukses Berbisnis Sayur Mayur? Coba Tips Ini - Okezone

JAKARTA - Bisnis sayur mayur menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bagaimana tidak, setiap hari pasti akan dibutuhkan banyak sayur untuk dibuat makanan.

Seperti diketahui, sayur-mayur memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Hal ini disebabkan sayur mengandung serat, vitamin, dan mineral. Dengan memakan sayur, maka daya tahan tubuh manusia menjadi lebih baik.

Seperti dikutip dari buku ‘101++ Ide Jitu Peluang Usaha’ karya Tim Gemini Writer yang terbit pada 2008, bagi yang ingin berbisnis sayur-mayur harus mengetahui seluk beluk ilmu tanaman dan pemasarannya. Walaupun selisih antara keuntungan dengan modal tak besar, namun jumlah keuntungan akan meningkat jika omzetnya besar.

Baca juga: Ingin Buka Usaha Rumahan, Ikuti Langkah-Langkah Ini

Pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis sayur-mayur yaitu mengetahui sumber mendapatkan bibit-bibit tanaman yang murah. Selain itu harus mengetahui cara memilih bibit, menanam tanaman sayur, hingga mengangkutnya yang baik dan benar.

Pebisnis juga harus mengetahui risiko kegagalan dalam penanaman, pengangkutan, dan pemasaran. Mereka juga harus mengetahui kualitas dan standar sayuran, jalur distribusinya, dan harga jualnya. Jangan lupa untuk belajar mengenai pelatihan, bimbingan, dan instruksi terhadap tenaga kerja.

Baca juga: 10 Kesalahan Bisnis yang Biasa Dilakukan, Wirausaha Harus Hindari Ini!

Adapun modal yang dibutuhkan yaitu lahan kosong minimal 100 meter persegi untuk menanam sayuran, modal untuk menggaji tenaga kerja, dan membeli bibit hingga transportasi pemasaran. Selain itu juga harus terdapat peralatan untuk proses penanaman dan pengangkutan serta biaya transportasi untuk produksi dan pemasaran.

Agar sukses dalam menjalankan usaha ini, kuasai dan rencanakan proses penanaman sayuran. Pilihlah bibit tanaman yang berkualitas. Siapkan lahan yang tanahnya subur agar tanaman bertumbuh dengan baik. Rencanakan cara bertanam yang ingin digunakan.

Tak hanya itu saja, pebisnis juga harus mencari dan mendapatkan penyalur yang akan membeli hasil produksinya. Carilah tenaga kerja yang kompeten. Laksanakanlah proses penanaman dengan baik. Catatlah biaya administrasi biaya operasional dan pemasukan penjualan secara profesional.

(kmj)

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
February 15, 2020 at 04:56PM
https://ift.tt/31VL9fD

Ingin Sukses Berbisnis Sayur Mayur? Coba Tips Ini - Okezone
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin Sukses Berbisnis Sayur Mayur? Coba Tips Ini - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.