Search

Agar Anak Mau Makan Sayur - Medcom ID

Jakarta: Banyak orang tua kehabisan cara agar anak senang makan sayur. Bila Anda adalah salah satu diantaranya, Anda tak perlu khawatir lagi karena ada cara efektif yang bisa diterapkan mulai hari ini.
 
Berikut penjelasannya Psikolog Tumbuh Kembang Anak dari Tim Konsultan Psikologi Tiga Generasi, Chitra Annisya, M.Psi
 
Anda bisa memulainya dengan perlahan dalam porsi yang kecil. Pastikan berikan hal-hal yang menarik buah hati saat memberi makan yang melibatkan sayur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau mengenalkan makan sayuran ke anak paling pertama adalah kita kenalkan dengan porsi yang sedikit namun dengan variasi yang beragam," ujarnya di Jakarta, Kamis, 26 September 2019.
 
Menurutnya bisa juga dibuat dengan semenarik mungkin. Misalnya dengan menggunakan alat makan yang menarik atau bisa dibentuk dengan menarik.
 
Selain itu, Anda bisa membuat sayuran tersebut sesuai dengan selera anak. Tambahkan makanan favoritnya dalam sayuran.
 
"Dan juga tidak hanya sayur saja yang diperkenalkan namun bisa juga kombinasikan dengan hal lain yang disukai anak misal pakai butter atau rasa lain," paparnya.
 
Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan buku cerita. Cara ini membuat keinginan dari dalam anak untuk makan sayur bisa muncul sendiri dengan cepat.
 
"Anak-anak itu terkadang ketika kita beritahukan tidak mau diterapkan namun secara implisit misal dengan cerita atau tokoh-tokoh menarik seringkali anak jadi termotivasi sendiri. Melihat tokoh yang anak sukai di cerita tersebut makan sayur dia jadi kuat, pinter, hebat. Anak jadi mau," ungkapnya.
 
Terakhir, yang paling penting adalah dengan menunjukan keterlibatan Anda dalam proses pemberian makan. Anak akan mengikuti apa yang dilakukan orang tua.
 
"Anak juga biasanya tertarik ketika makanan itu ada di piring orang tuanya, maka penting orang tua mencontohkan perilaku makan sayur yang baik. Oh ternyata enak loh makan sayur. Tunjukin ekpresi wajah yang bersemangat, senang, kemudian juga bisa pakai buku cerita," ujarnya.
 

 

(YDH)

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
September 27, 2019 at 11:23AM
https://ift.tt/2lvHJiS

Agar Anak Mau Makan Sayur - Medcom ID
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Agar Anak Mau Makan Sayur - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.