Search

Per Bulan, Ekspor 120 Ton Sayur dan Buah - Jawa Pos Radar Malang

KOTA BATU – Taiwan menjadi negara peminat terbesar hasil sayuran dan bunga dari Kota Batu. Sejak 2015 hingga saat ini, importir dari Taiwan rutin meminta ratusan ton sayur tiap bulan.

Dari data terbaru yang diterima koran ini, saat ini rata-rata ada 125 ton sayuran yang dikirim petani setiap bulan. ”Sayuran yang diminta di antaranya sawi putih, kacang kapri, dan kubis,” kata Ketua Gapoktan Tani Bangkit Kota Batu Winardi.

Dia lantas menyebut sejumlah daerah yang rutin memasok permintaan tersebut. Seperti Desa Pandanrejo dan Sumber Brantas di Kecamatan Bumiaji. ”Kalau dari Pandanrejo kebanyakan (menyuplai) tanaman jeruk dan apel. Yang sering ekspor (sayuran) itu dari Desa Sumber Brantas. Di sana lahan sayurnya luas,” imbuhnya.

Sesuai mekanisme, biasanya proses ekspor ditangani sejumlah agen. Mereka biasa mendatangi sejumlah petani. ”Ada agennya sendiri yang mengambil. Dari mereka kemudian dikirim ke luar negeri,” imbuhnya. Harga jual dari petani umumnya lebih tinggi dibandingkan untuk memasok kebutuhan lokal.

Pewarta : Miftahul Huda
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
September 14, 2019 at 10:30AM
https://ift.tt/2ZXfvAM

Per Bulan, Ekspor 120 Ton Sayur dan Buah - Jawa Pos Radar Malang
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Per Bulan, Ekspor 120 Ton Sayur dan Buah - Jawa Pos Radar Malang"

Post a Comment

Powered by Blogger.