Search

Efek jika Kurang Mengonsumsi Buah dan Sayur - Medcom ID

Jakarta: Buah dan sayuran sudah terbukti memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya baik untuk fisik Anda, tetapi mengonsumsi buah dan sayur yang cukup juga dapat memengaruhi kesehatan mental Anda.

Hal ini karena kesehatan fisik dan mental memiliki ikatan satu sama lainnya. Namun sayangnya, beberapa orang masih saja belum mengutamakan kecukupan buah dan sayuran setiap hari.

Melansir dari thehealthy jika Anda tidak mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup, ini yang akan terjadi pada tubuh Anda:

Kekurangan vitamin dan mineral

Buah dan sayur mengandung nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Menurut Laura Moore, RD, ahli diet terdaftar di University of Texas Health Science Center, di Houston School of Public Health menjelaskan bahwa kekurangan nutrisi dapat menyebabkan beberapa efek yang merugikan bagi tubuh Anda.

Mengalami masalah pencernaan

Tanpa buah dan sayuran yang cukup, Anda akan lebih rentan mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, wasir, dan diverticulosis. “Buah dan sayuran mengandung selulosa, yang dapat memudahkan kotoran melewati sistem pencernaan,” jelas Moore.

Selain itu, lanjutnya, buah dan sayur mengandung seray yang dapat membantu meringankan atau mencegah konstipasi, merangsang otot-otot pada sistem pencernaan, dan mengurangi tekanan pada usus. "Sehingga lebih kecil kemungkinannya untuk terjadinya wasir," terangnya.

Meningkatkan risiko kanker

Antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, dan karotenoid dapat mengurangi risiko kanker dengan melindungi sel-sel sehat dari radikal bebas.

"Karotenoid yang dapat ditemukan dalam bayam, sayuran berdaun hijau, , ubi, labu, dan wortel dapat membantu melawan kerusakan sel dan dikaitkan dengan tingkat kanker yang lebih rendah,” kata Moore.

Meningkatkan berat badan

Jika Anda tidak makan buah dan sayuran, Anda mungkin cenderung mengonsumsi makanan tinggi kalori, tinggi lemak. Para peneliti di Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan bahwa semakin banyak buah dan sayur yang dikonsumsi, semakin sedikit berat badan yang Anda dapatkan.

“Buah dan sayur memiliki kalori yang sedikit, sehingga Anda bisa makan dalam jumlah banyak namun dengan kalori yang sedikit,” terangnya.

Anda lebih mungkin terkena diabetes

Karena kelebihan berat badan adalah faktor risiko paling penting untuk diabetes mellitus tipe 2. "Penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi sayuran dan buah mungkin secara tidak langsung mengurangi kejadian itu," kata Moore.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes Investigation menemukan bahwa makan lebih banyak sayuran berdaun hijau, buah beri, serta sayuran lainnya dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah.

Buah dan sayuran sudah terbukti memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ilustrasi/Pexels

Editor : K. Yudha Wirakusuma

-->

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
November 12, 2019 at 05:09PM
https://ift.tt/34QyPNW

Efek jika Kurang Mengonsumsi Buah dan Sayur - Medcom ID
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Efek jika Kurang Mengonsumsi Buah dan Sayur - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.