Search

Pecel, Salad Sayuran yang Indonesia Banget - Merah Putih

BUAT kamu penyuka sayur, pecel pastilah jadi salah satu sajian favorit kamu. Di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, sajian pecel atau pical amat digemari. Bahkan, sajian ini dijadikan menu sarapan tradisional favorit. Penjual pecel gendong di pasar tradisional bahkan punya penggemar setia dari masa ke masa.

Kata pecel berarti tumbuk. Hal itu mengacu pada bumbu pecel yang terbuat dari kacang yang ditumbuk. Meskipun demikian, beberapa pecel punya campuran khas yang enggak selalu bumbu kacang loh. Beberapa daerah di Indonesia punya sajian pecel yang unik.

BACA JUGA: 5 Menu Sarapan yang Indonesia Banget

1. Pecel Sayur

nasi pecel
Pecel segar untuk sarapan pagi. (foto: Instagram @nidalfood)

Tampilan pecel sayur memang mirip seperti gado-gado, tapi keduanya berbeda dalam hal tekstur bumbu dan juga sayur-mayur yang digunakan.

Untuk pecel, sayur yang sering digunakan, yaitu bayam, kangkung, kacang panjang, dan tauge. Untuk saus sambal, jika kamu ingin praktis, bumbu pecel siap pakai kini mudah ditemukan di pasar. Kamu tinggal menambahkan air hangat untuk melarutkannya.

Hidangan ini bisa dikombinasikan dengan aneka lauk dan pendamping, seperti telur ceplok, tahu/tempe goreng, dan rempeyek kacang/teri.

2. Pecel Rawon

nasi rawon pecel
Sajian nasi rawon pecel. (foto: ngalam.id)

Bayangkan menyantap nasi pecel pedas dengan siraman kuah rawon yang hitam gurih. Terdengar aneh? Jangan salah, sajian perpaduan bernama pecel rawon ini memang ada dan bahkan jadi favorit dari 'Bumi Blambangan'.

Di kabupaten paling timur Pulau Jawa ini, sajian pecel rawon banyak diburu para pelancong juga warga lokal. Makanannya memang unik. Nasi pecel dengan sayur-mayur lengkap dan bumbu kacang disajikan dengan siraman kuah rawon. Selain itu, masih ada pula pilihan menu lau pauk untuk menemani pecel rawon, semisal udang goreng, empal sapi, ragi, paru goreng kering, dan rempeyek kacang.

Standarnya sih, seporsi pecel rawon beriskan sayuran rebus, seperti bayam, tauge, kacang panjang, dan sambal pecel, ditambah kuah rawon. Bumbu pecel dari kacang terasa legit dan pedas. Sementara itu, kuah rawon kaya rasa rempah dan kaldu. Keduanya berpadu nikmat.

Menyajikan pecel rawon enggak boleh sembarangan loh. Ada urutan penyajian yang harus diikuti agar bumbu pecel tetap terasa. Awalnya, nasi ditata bersama sayur-mayur pecel di piring, lalu diberi kuah rawon, barulah diberi bumbu pecel nan pedas.

Tak seperti sajian rawon yang menggunakan daging dengan sedikit lemak, rawon untuk rawon pecel hanya memanfaatkan bagian daging tanpa lemak. Selain itu, saat disajikan, rawon hanya diambil kuahnya. Jika ingin tambahan daging, kamu bisa meminta kepada penjual. pilihannya beragam, mulai dari paru goreng hingga empal.

Hidangan peprpaduan nan unik ini mulai populer di Banyuwangi pada tahun 80-an. Ketika itu, sudah banyak kedai, warung kaki lima, hingga restoran yang menyajikan menu pecel rawon. Hingga kini, pecel rawon tetap jadi kuliner favorit Banyuwangi.

3. Nasi Tumpang

Nasi tumpang
Kenikmatannya jadi buruan wisatawan. (Foto: Instagram @dapoersikoko)

Saat menyebut kata pecel, yang terbayang pastilah sajian sayur berkuah saus kacang gurih dengan teman rempeyek renyah. Namun jangan salah, ada loh pecel yang enggak pakai bumbu saus kacang.

Alih-alih sambal kacang, nasi tumpang khas Boyolali menyajikan aneka sayuran rebus layaknya pecel dengan sambal tumpang. Pecel tumpang atau nasi tumpang menggunakan bumbu berbahan dasar tempe semangit.

Dikutip Resepkoki, tempe semangit atau yang dikenal juga dengan tempe bosok merupakan tempe yang disimpan melebihi batas fermentasi. Jadi bisa dibilang tempe semangit ialah tempe yang kelewat matang. Semangit berasal dari kata sangit yang artinya beraroma menyengat kuat.

Biarpun terkesan aneh, tempe semangit ini cukup diburu di pasaran. Tempe semangit bisa jadi amat lezat ketika diolah jadi sambal tumpang. Enggak mengherankan jika sambal tumpang yang disajikan bersama sayuran jadi favorit warga Boyolali. Mereka mengenalnya juga dengan nama lethok.

Nasi tumpang merupakan sajian sayur rebus dengan nasi lalu diguyur sambal tumpang nikmat. Ada juga yang menambahkan nasi tumpang dengan lauk berupa gorengan dan rempeyek. Perpaduan rasa pedas, gurih, dan aroma tempe semangit dijamin bikin kamu ketagihan.(dwi)

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
November 18, 2019 at 08:02AM
https://ift.tt/2QrLW4c

Pecel, Salad Sayuran yang Indonesia Banget - Merah Putih
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pecel, Salad Sayuran yang Indonesia Banget - Merah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.