Search

Diduga Ulah Tengkulak, Harga Sayur Mayur di Sukabumi Naik - galamedianews.com

191216102509-didug.jpg

Ade Bayi Indra/PR

Pedagang di Pasar Kosambi Bandung

SEIRING intensitas hujan terus meningkat telah mendongkrak harga semua jenis sayur mayur. Pasar Tradisional Pangleseran, Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar, dan Pasar Tradisional Pelita, akecamatan Citamiang kenaikanya sangat dirasakan para pembeli, Senin (16/12/2019).

Kenaikan tersebut didongkrak aktivitas tengkulak yang terus mendatangi para petani. Mereka menimbun sebagian hasil pertanian sehingga memicu harga sayur mayur di pasaran.

Pantauan wartawan PR, Ahmad raiadie, kenaikan mencolok terjadi pada harga Bawang merah dari Rp15.000 menjadi Rp25.000 per kilogram. Harga timun menjadi Rp8.000 dari sebelumnya Rp4.000 per kilogram dan harga tomat dari semula Rp5.000 naik menjadi Rp8.000 per kilogram.

"Kenaikan harga sayuran ini, terjadi karena kurangnya pasokan sayuran ke pasaran. Petani yang panen saat ini hanya mereka yang menanam sayuran pada musim kemarau. Termasuk ulah dari para tengku lak yang telah menimbun sayur mayur," kata pedagang pasar pelita, Hasan

Selain minimnya pasokan dari para petani yang kini telah dikuasai para tengkulak, kata Hasan, para petani juga mengeluhkan soal kondisi intensitas musim hujan yang tinggi. Karena menurutnya, cuaca ekstrim saat ini, tidak sedikit menyebabkan tanaman sayuran petani terendam banjir hingga tanaman dan buahnya membusuk.
"Kenaikan harga sayuran ini, sudah berlangsung sekitar dua pekan terakhir," katanya.

Kenaikkan harga sayuran tersebut, juga dibenarkan ibu rumah tangga (IRT), Poppy (45) mengatakan, kenaikan harga sayuran ini, dirasakan sangat memberatkan terutama bagi ibu-ibu dan pedagang kecil.

"Saya beli sayuran ini di pasar untuk dijual kembali di warung rumah. Akibat naiknya harga kebutuhan sayuran, para pembeli di warung saya berkurang dalam sepekan terakhir pembeli sepi," akunya.

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
December 16, 2019 at 10:23AM
https://ift.tt/36FWBgI

Diduga Ulah Tengkulak, Harga Sayur Mayur di Sukabumi Naik - galamedianews.com
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Diduga Ulah Tengkulak, Harga Sayur Mayur di Sukabumi Naik - galamedianews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.