Search

Terungkap! Ini Alasan Ilmiah Seseorang Tidak Suka Makan Sayur - Suara.com

Suara.com - Banyak orang tidak menyukai sayur yang penuh dengan gizi. Rupanya, kebiasaan ini bisa dijelaskan secara sains.

Pada dasarnya, alasan seseorang yang tidak suka makan sayur adalah rasanya. Atau ada juga yang tidak suka dengan tekstur dan berbagai alasan lainnya. Perlu diingat, sayur wajib sekali untuk dikonsumsi.

Dilansir laman Deseret.com, ilmuwan mencoba menjelaskan alasan mengapa seseorang tidak suka makan sayur.

Rupanya, hal ini dipengaruhi oleh genetika yang kemudian berkait dengan rasa pemilihan makanan.

Secara genetik, seseorang mendapat dua gen rasa tidak enak dari kedua orangtuanya. Dua gen rasa ini berkaitan dengan indera perasa yang sangat sensitif terhadap sayuran.

Biasanya jika gen ini mendominasi, sayur yang dimakan rasanya menjadi lebih pahit di lidah. Hal ini kemudian yang membuat seseorang tidak menyukai sayur.

Hasil ini dilakukan berdasarkan penelitian yang dilakukan pada beberapa responden. Saat itu, para responden diminta untuk makan sayuran. Selanjutnya mencicipi bir, kopi, atau dark chocolate, hasilnya rasa tersebut semakin pahit.

Walaupun begitu sensitif dengan rasa pahit, orang-orang yang tidak menyukai sayur jutsru mudah terhindar dari makanan dan benda beracun lainnya.

Ilustrasi sayur mentah, lalapan. (Shutterstock)
Ilustrasi sayur mentah, lalapan. (Shutterstock)

Namun, rasa pahit yang muncul biasanya akan terbagi ke dalam beberapa jenis makanan, bukan hanya sayur. Dan perlu dipastikan bahwa rasa pahit yang tercipta juga berbeda satu sama lain.

Untuk menangani masalah orang yang tidak suka makan sayur, para ilmuwan menyarankan untuk mencampur bumbu atau rempah agar menutupi kepahitan tersebut.

Meskipun ada faktor genetik yang mempengaruhi, sebaiknya biasakan Anda untuk sering makan sayur.

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
December 06, 2019 at 08:30AM
https://ift.tt/36706w7

Terungkap! Ini Alasan Ilmiah Seseorang Tidak Suka Makan Sayur - Suara.com
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terungkap! Ini Alasan Ilmiah Seseorang Tidak Suka Makan Sayur - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.