Search

Pola Makan Sehat bagi yang tak Suka Sayur - Merah Putih

POLA makan sehat selalu menempatkan sayur sebagai bahan makanan penting yang harus dikonsumsi setiap hari. Namun, bagaimana dengan mereka yang tidak suka sayur?

Pada dasarnya, masih ada kemungkinan untuk menjalani pola makan sehat meskipun kamu tak suka sayur. Kamu bisa melakukan diet tanpa sayur disertai olahraga rutin harian. Berikut beberapa cara diet tanpa sayur yang bisa kamu ikuti.

BACA JUGA: Diet Cukup Bermodalkan Air Putih, Bisakah?


1. Penuhi asupan protein dan serat dari bahan makanan lain

fish
Ikan bisa jadi sumber protein yang lezat. (foto: pixabay/ritaE)

Sayur dibutuhkan sebagai sumber serat harian bagi tubuh Anda. Namun, jika tidak makan sayur, kamu bisa memperoleh serat dari bahan-bahan makanan lainnya seperti kacang atau biji-bijian.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan protein harian yang biasanya terdapat pada sayuran hijau seperti brokoli atau bayam, kamu bisa menggantinya dengan makanan seperti tempe, tahu, ataupun kentang. Penuhi juga asupan protein hewani dengan makan telur, daging ayam, daging ikan, dan boga bahari lainnya.


2. Cari bahan makanan rendah lemak

oliv oil
Pilih minyak zaitun yang rendah lemak. (foto: pixabay/stevepb)

Memang kebanyakan sayuran tidak mengandung lemak dalam jumlah tinggi. Meski begitu, kamu juga tetap harus memerhatikan asupan rendah lemak pada proses melakukan diet tanpa sayur ini.

Kamu bisa menggunakan bahan makanan rendah lemak seperti minyak kelapa ataupun minyak zaitun. Keduanya merupakan jenis minyak yang mengandung kandungan lemak jenuh yang sedikit.

Dengan mengonsumsi asupan rendah lemak, kamu juga bisa mencegah kenaikan kolesterol tubuh sambil mengurangi porsi lemak berlebih pada tubuh.


3. Konsumsi buah

buah berry
Ganti sayur dengan buah. (foto: pixabay/couleur)

Sebagai pengganti asupan sayur, kamu masih bisa mengonsumsi buah-buahan. Banyak buah yang mengandung gizi hampir sama setara dengan gizi sayuran. Meskipun tidak terlalu banyak jenis buah yang bisa kamu gunakan bersama dengan masakan, biasanya buah-buahan seperti nanas, mangga, lemon, bahkan avokad bisa menjadi bahan dasar saus atau sekadar sebagai pelengkap asupan diet tanpa sayur kamu.


4. Buat smoothies dengan campuran buah

smoothie
Ubah sayur menjadi smoothie. (foto: pixabay/tesaphotography)

Salah satu cara mudah untuk mengonsumsi sayur dan buah ialah dengan mengubah bentuknya menjadi smoothies atau jus. Kamu bisa mencoba mencampur sayur dengan buah favoritmu. Cobalah membuat jus buah terlebih dahulu, baru kemudian dicampur dengan sayur-sayuran. Usahakan tidak menggunakan tambahan gula yang berlebihan.


5. Konsumsi vitamin dan suplemen

vitamin
Caption

Sayuran diperlukan tubuh karena mengandung banyak manfaat dari gizi, vitamin, dan mineral. Bagi yang tidak suka sayur, kamu masih bisa mendapatkan sejumlah vitamin sayuran tersebut lewat vitamin serta suplemen tertentu. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan doktermu mengenai suplemen dan vitamin yang akan dikonsumsi.(*)

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
December 09, 2019 at 09:05AM
https://ift.tt/2sYXoe2

Pola Makan Sehat bagi yang tak Suka Sayur - Merah Putih
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pola Makan Sehat bagi yang tak Suka Sayur - Merah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.