Search

Ragam Olahan Sayur Khas Korea Selatan - SINDOnews.com

loading...

JAKARTA - Korea Selatan terkenal dengan kulinernya yang beragam dan menggugah selera. Salah satu hidangan yang populer adalah kimchi yang terbuat dari sayuran.

Menariknya, olahan sayur di Negeri Ginseng ternyata cukup beragam. Bukan hanya kimchi, masih ada banyak hidangan sayur lain yang tak kalah lezat dan bisa Anda coba. Makanan-makanan itu juga cocok dijadikan menu dalam pesta. Berikut olahan sayur khas Korea Selatan selain kimchi, seperti dikutip dari Endustv.

Ragam Olahan Sayur Khas Korea Selatan

1. Japchae

Makanan ini mulai ada di Korea Selatan sejak abad ke-17, yaitu pada masa dinasti Joseon. Japchae pertama kali dikenal saat Raja Gwanghaegun mengadakan pesta, seorang bangsawan tuan tanah menghidangkan makanan ini. Pada awal diperkenalkan di Korea Selatan, japchae hanya berupa kumpulan sayuran yang ditumis. Seiring perkembangan zaman, pada japchae lantas ditambahkan soun (dangmyeon) atau mi halus berwarna putih dan dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi.

Baca Juga:

Japchae merupakan banchan atau lauk sampingan sehingga hidangan ini dapat dimakan bersama nasi. Masyarakat Korea Selatan sering menyantap japchae ketika mengadakan pesta. Sayuran yang biasa digunakan untuk membuat makanan ini yaitu sayur yang sedang musim di Korea Selatan, namun yang umum digunakan adalah wortel, paprika, jamur shiitake, bawang bombay, dan bayam.

Ragam Olahan Sayur Khas Korea Selatan
2. Gaji namul
Gaji namul merupakan makanan Korea Selatan yang termasuk dalam kategori namul. Namul terbuat dari sayuran seperti kecambah kedelai, sayuran gunung seperti tumbuhan paku muda, dan beberapa tumbuhan liar di Korea Selatan. Gaji namul terbuat dari terong rebus dan dapat dihidangkan pada suatu perayaan tertentu yang biasanya ditaruh di atas bibimbap. Gaji namul termasuk dalam banchan sehingga dapat dimakan dengan nasi.
Ragam Olahan Sayur Khas Korea Selatan

3. Algamja-jorim

Algamja-jorim merupakan hidangan Korea Selatan yang terbuat dari baby potato. Walaupun terbuat dari kentang dan mengandung karbohidrat yang tinggi, masyarakat Korea Selatan memakan algamja-jorim menggunakan nasi. Makanan ini sangat sehat karena kentang direbus, bukan digoreng, dengan rasa pedas atau manis tergantung selera. Seperti makanan Korea Selatan lain, di atas algamja-jorim diberi taburan biji wijen supaya lebih nikmat.

Ragam Olahan Sayur Khas Korea Selatan

4. Bibimbap

Bibimbap merupakan makanan Korea Selatan yang dimakan hampir setiap hari. Makanan ini juga bisa disajikan saat sedang merayakan hari istimewa, seperti tahun baru. Bibimbap diperkirakan sudah berumur ratusan tahun. Makanan ini ditemukan karena para petani Korea Selatan setelah bekerja terlalu keras dan sibuk seharian tidak mempunyai waktu untuk mengolah masakan rumit. Oleh sebab itu, bibimbap diperoleh dari hasil mencampur berbagai sayuran dan nasi dalam satu mangkuk untuk dapat mengusir rasa lapar seketika.

(tsa)

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
December 17, 2019 at 12:55PM
https://ift.tt/2rUVx9J

Ragam Olahan Sayur Khas Korea Selatan - SINDOnews.com
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ragam Olahan Sayur Khas Korea Selatan - SINDOnews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.