Search

Manfaat yang Didapat Saat mengonsumsi Sayur dan Buah Ungu - Merah Putih

SAYUR dan buah-buahan memang sangat beragam. Namun untuk sayuran, kita lebih familiar dengan sayur hijau, seperti bayam, kangkung dan lain sebagainya. Padahal ada juga loh sayuran dengan warna lain. Misalnya sayur dan buah yang berwarna ungu.

Sayuran dan buah-buahan yang berwarna ungu sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung, membunuh sel-sel kanker, dan beberapa manfaat lainnya. Hal itu karena mereka mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin.

Baca juga:

4 Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Mental

Ada banyak sayuran berwarna ungu seperti wortel ungu, kubis ungu, paprika ungu, asparagus ungu hingga brokoli ungu. Sementara buah-buahan yang berwarna ungu yakni anggur ungu, markisa, kismis, blackberry dan lain sebagainya.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi sayur dan buah berwarna ungu.

1. Menjadikan jantung yang sehat

Menjadikan jantungmu sehat (Foto: Boldsky)
Menjadikan jantungmu sehat (Foto: Boldsky)

Buah berwarna ungu tertentu seperti blackcurrant dan bilberry memiliki kemampuan menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Seperti yang diketahui, peningkatan kadar kolesterol LDL mengarah pada pembentukan plak di dinding arteri, sehingga menghalangi aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh.

2. Menghambat sel kanker

Menghambat sel kanker (Foto: Boldsky)
Menghambat sel kanker (Foto: Boldsky)

Banyak penelitian menunjukkan bahwa resveratrol yang terdapat pada makanan berwarna ungu dapat memicu kematian sel kanker pada kanker darah, kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, kanker hati dan kanker paru-paru. Ubi jalar ungu memiliki kemampuan ampuh untuk melindungi terhadap kanker usus besar.

Baca juga:

Mengenal Manfaat Bir Bagi Tubuh

3. Menambah memori ingatan

Menambah memori ingatan (Foto: Boldsky)
Menambah memori ingatan (Foto: Boldsky)

Ubi jalar ungu diketahui memiliki efek meningkatkan daya ingat karena anthocyanin yang ada di dalamnya. Ini membantu dalam mencegah penurunan terkait sistem saraf saat usia sambil mempromosikan pembelajaran dan memori.

4. Mencegah infeksi saluran kemih

Mencegah infeksi saluran kemih (Foto: Boldsky)
Mencegah infeksi saluran kemih (Foto: Boldsky)

Sayuran seperti kembang kol ungu, wortel ungu dan kubis ungu dapat melawan infeksi saluran kemih. Antosianin dapat mencegah bisul dan peradangan yang disebabkan oleh H. pylori, bakteri yang menyebabkan bisul perut dan infeksi saluran kemih.

Baca juga:

Bukan untuk Dihindari, Kenali Jenis Karbohidrat yang Tepat Untukmu

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
January 09, 2020 at 08:35PM
https://ift.tt/2T9AStQ

Manfaat yang Didapat Saat mengonsumsi Sayur dan Buah Ungu - Merah Putih
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Manfaat yang Didapat Saat mengonsumsi Sayur dan Buah Ungu - Merah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.