Search

Tips Mengolah dan Makan Sayur agar Nutrisinya Tidak Hilang - Wolipop

Jakarta -

Sayuran merupakan makanan yang sehat bagi tubuh. Namun jika sayur tidak dimasak dan diolah dengan baik, justru nutrisinya akan hilang. Agar vitamin dan mineral tidak hilang saat mengonsumsi sayur, pakar nutrisi Rachel Olsen memberikan penjelasan dan bagaimana cara yang tepat mengonsumsinya.

"Kalau dari metode masak yang dapat meningkatkan kandungan nutrisi di dalamnya jangan sampai direbus di jangka yang panjang," kata Rachel Olsen saat ditemui dalam acara Youvit di Alder Fitness Boutique, Jakarta Selatan, Selasa (28/01/2020).

Rachel menjelaskan mengolah sayuran yang terbaik adalah dengan metode steam atau kukus dan tidak perlu direndam dalam air. Sehingga kandungan vitamin dalam makanan tersebut tidak akan berpindah ke air. Selain itu juga metode ini bisa membuat sayuran yang akan kamu makan masih terasa renyah. Namun sebenarnya tidak semua jenis sayur perlu dikukus, beberapa di antaranya dapat dimakan mentah segar.

"Ada sayuran yang memang seharusnya dimakan mentah seperti ketimun, seledri, tomat," kata Rachel.

Rachel juga tidak menampik bahwa terkadang sayuran mentah mungkin masih terasa asing di lidah orang Indonesia. Hal ini yang membuat beberapa orang tidak suka mengonsumsi sayuran mentah. Namun untuk mengakalinya, Rachel memiliki cara tersendiri agar sayuran mentah tidak terasa hambar.

"Kalau makanan mentah kita bisa dressing dengan salad-salad lain atau misalnya makanan yang kita mau mie goreng nih, potong-potong sayur terus dicampur dengan mie gorengnya, jadi ada sayuran juga cuma karena kita makan dengan mie goreng jadi lebih enak," jelas Rachel.

Menurut Rachel, tidak perlu hanya memakan sayuran mentah saja agar mendapatkan manfaat secara optimal. Kamu bisa mengombinasikannya dengan makanan lain sehingga rasa dari sayur-sayuran tersebut juga akan menjadi lebih enak. Kamu bisa tetap mengonsumsi makanan yang biasa dikonsumsi hanya mulai kurangi porsinya dan tambahkan dengan raw food berupa sayuran segar.

Rachel juga menyarankan jika ingin mengonsumsi sayur yang dimasak maka perlu memperhatikan cara mengolahnya. Jangan sampai terlalu banyak menggunakan minyak atau merebus dan menggoreng terlalu lama. Oleh karena itu menurutnya makanan rumah adalah yang terbaik karena kita bisa tahu proses memasaknya, tidak seperti makanan yang dijual di luar.

Simak Video "Viral Amplop Nikahan Pelunas Utang, Netizen Ingin Meniru"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
January 29, 2020 at 12:25PM
https://ift.tt/2O7CIZ8

Tips Mengolah dan Makan Sayur agar Nutrisinya Tidak Hilang - Wolipop
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Mengolah dan Makan Sayur agar Nutrisinya Tidak Hilang - Wolipop"

Post a Comment

Powered by Blogger.