Search

6 Tata Cara Mencuci Sayur yang Tepat - Okezone

Salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi agar tetap sehat adalah sayur-sayuran. Dalam mengonsumsi sayuran setiap hari, tapi apakah cara mencuci sayur yang kita lakukan sudah tepat?

Sebab ternyata beda jenis sayur, maka berbeda pula loh cara mencucinya. Seperti apa cara mencuci sayur yang tepat sesuai jenisnya? Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. No soap

Aturan pertama dalam mencuci sayur-sayuran atau buah adalah tidak perlu menggunakan sabun. Jangan gunakan sabun atau produk pembersih rumah tangga lainnya untuk membersihkan sayur-sayuran ataupun buah.

Cuci Sayur

2. Sayuran hijau

Dedaunan atau sayur-sayuran hijau harus dicuci dengan cara direndam. Isi mangkuk besar dengan air dan rendam sayuran di dalamnya. Kibas-kibas atau ayunkan sayuran, diamkan sebentar agar pasir bisa jatuh ke dalam mangkuk, lalu angkat sayuran ke saringan. Jika sayurannya benar-benar berpasir, ulangi lagi proses perendaman tapi bilas mangkuk terlebih dahulu. Setelah direndam kembali, cuci di bawah air mengalir.

3. Sayuran berakar

Sayuran yang memiliki akar seperti wortel, karena tumbuh di tanah, seringkali sangat kotor. Cara membersihkannya, yakni dengan menggosoknya di bawah air mengalir dengan sikat sayur. Jika tidak punya sikat khusus untuk sayur, kita bisa memggosoknya memakai jari-jari tangan untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
April 17, 2020 at 11:43AM
https://ift.tt/3cobO8J

6 Tata Cara Mencuci Sayur yang Tepat - Okezone
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Tata Cara Mencuci Sayur yang Tepat - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.