Search

Kenali Cara Terbaik Memasak Sayur untuk Mempertahankan Nutrisi di Dalamnya | merdeka.com - merdeka.com

Kenali Cara Terbaik Memasak Sayur untuk Mempertahankan Nutrisi di Dalamnya ilustrasi memasak sayuran. ©herviewfromhome.com

Merdeka.com - Sayur merupakan salah satu makanan yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Makanan ini tidak hanya kaya serat namun juga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Sayuran ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sayangnya kandungan nutrisi dari sayur ini bisa hilang ketika kamu tidak memasaknya dengan tepat.

"Walaupun memasak bisa membuat banyak sayuran lebih mudah dicerna, namun memasaknya terlalu lama pada temperatur tinggi atau dengan air yang terlalu banyak membuatnya menjadi hambar dan menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya," terang Clare Collins, profesor nutrisi dan diet dari University of Newcastle School of Health Sciences, Asutralia, dilansir dari Medical Daily.

"Hal ini terutama terjadi pada sayuran yang mengandung votamin yang larut pada air (seperti vitamin C, B1, B2, B3, dan folat)," sambungnya.

Dijelaskan juga bahwa sejumlah mineral seperti kalsium, potassium, zat besi, serta seng juga bisa hilang ketika dimasak terlalu lama. Walau begitu, memasak juga bisa mengeluarkan kandungan nutrisi yang ada di dalam sayuran.

Cara memasak yang kamu lakukan bisa sangat penting dalam menentukan dan menjaga kandungan nutrisi dalam sayuran. Dilansir dari Medical Daily, berikut tips yang harus kamu ketahui dalam memasak sayuran.

1 dari 5 halaman

Mengukus

Ketika kamu mengukus sayuran, tempatkan mereka pada wadah dan jangan terkena air. Hal ini bisa membuat vitamin yang dapat larut di air jadi terjaga.

Mengukus bisa menjadi cara cepat memasak, namun perhatikan terus-menerus agar sayuran tidak terlalu matang.

"Banyak peralatan bisa digunakan untuk mengukus. Mulai dari kukusan logam di dalam wajam hingga kukusan bambu di dalam wajan atau panci serta oven pengukus," terang Collins.

2 dari 5 halaman

Mengoseng

Mengoseng sayur agar tetap sehat hanya membutuhkan sedikit minyak dalam panas tinggi. Lakukan hal ini dalam waktu singkat untuk memasak sayur. Walau begitu, cara ini tidak bisa diterapkan secara langsung pada semua sayuran.

3 dari 5 halaman

Menggunakan Microwave

"Microwave memanaskan molekul air di dalam sayuran sehingga kamu tak perlu menambahi air," terang Collins.

Sebagai cara terbaik, disarankan untuk memotong sayuran dalam ukuran yang sama dengan menggunakan piring khusus microwave. Panasi selama dua hingga empat menit atau hingga matang agar dapat menjaga kandungan nutrisi di dalamnya.

4 dari 5 halaman

Merebus

Karena dimasak dalam waktu lama dan menggunakan banyak air, merebus bisa menghilangkan nutrisi di dalam sayuran. Untungnya ketika merebusmnya, kamu bisa mencampur dengan berbagai sayuran lain serta rempah dan bumbu.

Merebus berbagai sayuran seperti brokoli, tomat, paprika, serta ubi bisa membantu meningkatkan karoten di dalamnya. Oleh karena itu, cara ini bisa dilakukan untuk mempertahankan nutrisi sayuran asal dilakukan dengan tepat.

5 dari 5 halaman

Menggoreng dan Memanggang

"Menggoreng pada temperatur tinggi dalam waktu singkat bisa menebabkan hilangnya vitamin yang larut di air dibanding mengoseng atau menggunakan microwave, walau tak bisa dibandingkan dengan merebus atau memasaknya pada waktu lebih lama," terang Collins.

Minyak goreng memiliki kandungan vitamin E yang menyebabkan meningkatnya kandungan vitamin E pada gorengan. Walau begitu, minyak yang diserap pada gorengan bisa menyebabkan meningkatnya berat badan.

Walau menggoreng tidak berpengaruh terhadap kandungan mineral di makanan, namun makanan jenis ini bukan merupakan sumber yang baik bagi mineral. Oleh karena itu, memilih cara memasak yang tepat bisa sangat penting terhadap kandungan nutrisi di dalamnya. [RWP]

Baca juga:
Kenali Manfaat Luar Biasa Susu Baik dalam Kondisi Panas Maupun Dingin

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
April 20, 2020 at 11:00AM
https://ift.tt/2RS6X7Z

Kenali Cara Terbaik Memasak Sayur untuk Mempertahankan Nutrisi di Dalamnya | merdeka.com - merdeka.com
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kenali Cara Terbaik Memasak Sayur untuk Mempertahankan Nutrisi di Dalamnya | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.