Search

Sayur dan Buah yang Paling Bergizi untuk Jaga Imunitas Tubuh Saat Pandemi - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Pandemi corona membuat banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Tak heran jika banyak orang yang mengambil kesempatan mengisi tubuh mereka dengan semua makanan enak. Ya makanan enak yang asal yang baik. Padahal kita harus menjaga sistem kekebalan tubuh dengan makanan bernutrisi, terutama sayur dan buah.

Pakar diet Fareeha Jay mengatakan setiap orang perlu makan sehat sepanjang tahun. “Tetapi melihat situasi kesehatan saat ini, kita benar-benar harus berpikir untuk menyehatkan tubuh kita, tidak hanya untuk mengoptimalkan kekebalan kita tetapi untuk tetap sehat,” ujarnya seperti dilansir dari laman Elle UK.

Sayur dan buah tidak hanya memasok tubuh kita dengan vitamin dan mineral, tetapi juga antioksidan, fitoestrogen, agen anti-inflamasi dan melakukan beberapa mekanisme perlindungan. Setiap buah dan sayuran sangat bervariasi dalam hal kandungan energi dan nutrisi. Situasi dan akses terbatas ke toko-toko saat ini, sangat penting untuk mengetahuisayur dan buah yang paling bergizi, untuk benar-benar memanfaatkan setiap perjalanan belanja.

Berikut ini 10 buah dan sayuran yang paling bergizi menurut Fareeha Jay.

1. Alpukat
Alpukat kaya serat makanan, vitamin B, kalium, dan sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal. Penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal membantu kita melindungi kita dari penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Jay menyarankan bahwa selama kami tinggal lama di rumah, buah-buahan hijau yang bergizi ini adalah penyelamat saat ingin ngemil. Dia merekomendasikan makan setengah hari dengan sepotong roti bakar atau dimasukkan dalam salad. Atau bekukan alpukat dengan menumbuknya menjadi pure dan tambahkan satu sendok makan jus lemon untuk mempertahankan warnanya.

2. Prune
Prune (a.k.a. plum kering) adalah, 'sumber zat besi yang luar biasa', menurut Jay. "Kekurangan zat besi dapat mempengaruhi kapasitas untuk memiliki respon imun yang memadai dan itu dapat membuat kita merasa lemah dan lesu,” ujarnya. “Prune dapat menyehatkan tubuh kita dengan vitamin potassium, vitamin A dan B. Saya benar-benar ingin menggarisbawahi bahwa buah ini kaya vitamin K, yang dibutuhkan untuk pembekuan darah dan membantu luka kita sembuh dengan baik.”

Selain itu, karena kaya serat dapat membantu mengatasi sembelit. Jay merekomendasikan hanya dua atau tiga buah prem sehari. "Karena buah prem adalah bagian dari buah kering, kita dapat dengan mudah menyimpannya selama beberapa bulan di wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan kering,” tambahnya.

3. Wortel
Selain membantu penglihatan mata, wortel bagus untuk kulit dan rambut kita. “Wortel selalu dikaitkan dengan kesehatan mata karena memiliki antioksidan, lutein yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata kita. Tapi itu bukan hanya mata. Wortel juga akan menyehatkan kulit dan rambut kita,” ujar Jay.

Wortel memiliki beta karoten yang diubah menjadi vitamin A, yang diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel rambut dan pemeliharaan kulit. Jay menyarankan untuk menukar camilan dengan wortel jika memungkinkan, karena kandungan seratnya akan sangat membantu Anda merasa kenyang. Supay wortel tetap segar dalam waktu yang lama. Simpanlah di dalam tas di lemari es Anda, tetapi pastikan Anda telah mengeluarkan tangkainya yang hijau.

4. Beri
Buah-buahan kelompok beri, seperti raspberry, blackberry, blueberry dan stroberi kaya nutrisi dan anti-inflamasi. Buah beri adalah sumber antioksidan kuat anthocyanin yang dikaitkan dengan peningkatan kolesterol, tekanan darah, dan fungsi otak. Buah beri juga merupakan sumber serat, vitamin C, dan mangan yang baik. Selain itu juga serbaguna, dan dapat dicampur menjadi smoothie, topping bubur atau hanya camilan saja.

5. Ubi jalar
Menjaga tingkat energi Anda tetap penting, itulah sebabnya Jay merekomendasikan ubi jalar yang lezat dan lezat yang dapat dipanggang, direbus, atau digoreng. "Ubi berserat dan dikemas dengan nutrisi lain seperti vitamin C, mangan, dan vitamin A. Selain itu merupakan sumber tembaga, elemen yang memainkan peran penting bagi sistem kekebalan tubuh kita,” ujar Fareeha Jay. "Disimpan di tempat gelap dan sejuk, agar bisa bertahan selama berbulan-bulan."

Selanjutnya jeruk, bayam dan zaitun

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
April 18, 2020 at 06:35AM
https://ift.tt/2XKI567

Sayur dan Buah yang Paling Bergizi untuk Jaga Imunitas Tubuh Saat Pandemi - Tempo
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sayur dan Buah yang Paling Bergizi untuk Jaga Imunitas Tubuh Saat Pandemi - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.