Search

Cegah Covid-19, Begini Cara Benar Cuci Sayur dan Buah di Rumah - iNews

JAKARTA, iNews.id - Covid-19 atau Corona telah mewabah hampir di seluruh dunia. Masyarakat diminta untuk berdiam diri dan memperkuat imunitas tubuh dengan menyantap menu sehat dan segar.

Namun, sebelum menyantap sayuran dan buah, ada baiknya melakukan tindakan pencegahan agar makanan Anda aman dan bebas dari virus.

Video oleh Oovvuu menyarankan beberapa tips untuk memastikan bahan makanan yang Anda beli aman untuk dikonsumsi dan bebas virus.

Memang ada sejumlah orang yang mencuci buah dan sayuran dengan sabun atau deterjen sebelum dikonsumsi. Padahal itu tidak diperlukan.

Belum ada bukti, jika Coronavirus dapat menyebar melalui item makanan. Namun, ada beberapa tindakan pencegahan dan panduan umum yang dapat Anda ikuti untuk menjaga makanan tetap aman dan bebas dari virus.

Lantas, apa saja hal yang dilakukan agar sayuran dan buah tidak tertular virus? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui FoodNDTV, Senin (27/4/2020).

Cuci tangan

Pentingnya mencuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19 harus ditekankan. Bahkan ketika akan membilas sayuran, Anda harus memastikan tangan bersih. Cuci setidaknya selama 20 detik sebelum membersihkan buah dan sayuran. Sebaiknya cuci juga setelah itu, seperti yang disarankan oleh Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat.

Bilas dengan air mengalir

Semua produk buah-buahan dan sayuran yang dibeli dari pasar dapat dibilas dengan air mengalir, sambil digosok dengan tangan. Ini semua yang diperlukan untuk membersihkan sebagian besar sayuran.

FDA merekomendasikan, "Cuci produk sebelum Anda mengupasnya, sehingga kotoran dan bakteri tidak ditransfer dari pisau ke buah atau sayuran."

Jangan gunakan sabun atau deterjen

FDA mengatakan mencuci buah dan sayur dengan deterjen, sabun, atau cairan khusus apa pun adalah mitos. "Gosok dengan lembut sayur dan buah di air mengalir biasa. Tidak perlu menggunakan sabun atau deterjen." Jika ada kerusakan atau memar pada sayur dan buah, sebaiknya dipotong atau singkirkan sebelum dimakan.

Gunakan kuas atau spons jika perlu

Saat membersihkan sayuran seperti kentang atau wortel, sikat sayur dengan spons. Ini untuk memastikan semua kotoran dihilangkan. "Gunakan sikat sayur bersih untuk menggosok buah, seperti melon dan mentimun," rekomendasi FDA.

Sayur dan buah tertentu butuh perlakuan ekstra

Buah beri membutuhkan perhatian ekstra selama proses pembersihan. Tempatkan buah di saringan dan bilas di bawah air mengalir untuk menghilangkan patogen. Demikian pula, daun selada dan sayuran hijau harus ditempatkan dalam mangkuk berisi air dingin. FDA juga menyarankan membuang daun terluar dari selada atau kubis. Kemudian mengeringkannya dengan handuk kertas.

Ada pedoman tertentu yang ditentukan FDA selain dari hal ini, seperti kita harus selalu memilih produk yang baik, tidak memar, atau rusak.

Selanjutnya, pastikan buah dan sayur yang sudah dipotong, seperti selada atau irisan semangka, disimpan dalam lemari es, atau disimpan di atas es, baik di toko maupun di rumah.

Sementara itu, sebaiknya memasak makanan Anda secara sampai sebelum dikonsumsi. "Pisahkan makanan mentah dan makanan yang dimasak, terutama daging mentah dan produk segar," kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam artikel tentang tips makanan dan nutrisi selama karantina.

WHO merekomendasikan untuk mengonsumsi minimal 400 g (yaitu 5 porsi) buah dan sayuran per hari, dan memastikan makanan yang dikonsumsi aman dan sehat.

Editor : Vien Dimyati

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
April 27, 2020 at 04:09PM
https://ift.tt/2Y4ayUy

Cegah Covid-19, Begini Cara Benar Cuci Sayur dan Buah di Rumah - iNews
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Covid-19, Begini Cara Benar Cuci Sayur dan Buah di Rumah - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.